You need to enable javaScript to run this app.

Solok Selatan KLB Chikungunya

Solok Selatan KLB Chikungunya

Salam sehat,
Selasa, 11 juni 2024
Plh Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Marfiandhika Arief menetapkan Solok Selatan KLB Chikungunya dengan Nomor SK 440/0101/P2P/2024.

Hal ini didasari dari temuan kasus Chikungunya di Jorong Pasar Utara Nagari Pasar Muara Labuh beberapa waktu yang lalu. Hasil Penyelidikan Epidemiologi (PE) dari Dinas Kesehatan dari 25 masyarakat yang menunjukkan gejala dilakukan pengecekan RDT, 9 positif dan 16 orang negatif. Meski 16 orang negatif RTDnya berdasarkan konsultasi dengan Dinkes Provinsi 16 orang yang menunjukkan gejala dikatakan positif karena kontak erat dengan pasien positif dan menunjukkan gejala. Pemeriksaan kedua dilakukan pada masyarakat yang tidak bergejala dari 10 masyarakat yang mau diperiksa RDT, 3 orang positif. Jadi total ada 28 orang positif.

Chikungunya (dikenal juga dengan penyakit Flu Tulang) adalah penyakit virus yang ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Gejala penyakit Chikungunya ini selain demam dan ruam juga disertai nyeri sendi, nyeri kepala dan nyeri otot serta mual muntah.

Ns. Titten Yasril, M. Kep Pemegang Program P2B2 Bidang P2P Dinas Kesehatan dengan Kepala Upt Puskesmas Sungai Pagu melakukan koordinasi dengan Bapak Camat Sungai Pagu untuk melakukan langkah-langkah strategis untuk memutus rantai penularan dan penyebaran kasus Chikungunya. Salah satunya adalah PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan melibatkan lintas sektor dan dukungan masyarakat. PSN dilakukan dengan membersihkan semua tempat penampungan air seperti bak mandi, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es, ban-ban bekas, sampah-sampah bekas yang membuat genangan air beserta selokan yang tidak lancar yang menjadi tempat perindukan nyamuk sehingga bisa memutuskan rantai penularan penyakit chikungunya.

Hari ini, Selasa 11 Juni 2024 Ibrahim Camat Sungai Pagu langsung mengerahkan masyarakat dengan berkoordinasi dengan Forkopimcam (KAN, Babinsa, Bhabinkamtibmas), UPT Puskesmas Sungai Pagu, wali nagari serta jorong melakukan PSN di Nagari Pasar Muara Labuh tempat terjangkit Chikungunya, sebagai upaya untuk memutus rantai penularan dengan membasmi jentik nyamuk. Untuk nyamuk yang dewasa akan dilakukan foging.

Informasi ini disiarkan oleh Program P2B2 Bidang P2P Dinas Kesehatan Solok Selatan. (11/6)

#Puskesmas Sehatkan Nagari
#Dinkes Hebat, Solok Selatan Sehat
#Kemenkes Kuat, Indonesia Sehat

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner