You need to enable javaScript to run this app.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas beraudiensi di Kementerian Kesehatan RI

  • Sabtu, 11 Maret 2023
  • Administrator
  • 2 komentar
Bupati Solok Selatan H. Khairunas beraudiensi di Kementerian Kesehatan RI

Jum'at, 10 Maret 2023

Mendampingi Bapak Bupati Solok Selatan H. Khairunas audiensi dengan Direktur fasyankes kementerian kesehatan RI dr. Aswan Usman, M.Kes. 

Kunjungan ini, merupakan tindaklanjut dari pertemuan Bapak Bupati dengan Sesjen dr. Azhar Jaya, SKM., MARS. (saat ini Dirjen Yankes) pada awal Oktober 2022 lalu.

Muatan audiensi Bapak Bupati adalah dalam rangka ikut berperan aktif membumikan pilar-pilar transformasi sistem kesehatan di Solok Selatan, terutama pilar layanan primer, rujukan dan pilar teknologi kesehatan (pilar 1, 2 dan 6).

Pilar pertama, transformasi sistem layanan primer. Bapak Bupati mengusulkan renovasi Puskesmas Sangir yang merupakan satu-satunya puskesmas di Ibu Kota Kabupaten Solok Selatan. Saat ini, Kabupaten Solok Selatan memiliki dua rumah sakit yang posisinya di luar ibu kota kabupaten, RSUD Solsel jaraknya 32 KM dan RS Batang Sangir 15 KM dari ibu kota kabupaten. Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan layanan kesehatan di ibu kota perlu peningkatan fasilitas layanan kesehatan dengan merenovasi Puskesmas Sangir yang saat ini menjadi pusat promosi dan preventif kesehatan di ibu kota kabupaten.

Pilar kedua, transformasi sistem rujukan. Bapak Bupati mengusulkan pengembangan Rumah Sakit Batang Sangir sebagai bentuk keseriusan pemda dalam meningkatkan akses layanan kesehatan di masyarakat Solok Selatan. 

Pilar ketiga, transformasi teknologi kesehatan. RSUD Solok Selatan salah satu rumah sakit di Sumatera Barat dengan SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan)nya terutama dokter spesialisnya cukup lengkap, namun hingga saat ini belum memiliki CT Scan. Sehingga, untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di RSUD Solok Selatan, Bapak Bupati mengusulkan pengadaan CT Scan dan MOT utk ruang operasi. 

Meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan serta menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat menjadi tagline Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam membumikan enam pilar transformasi sistem kesehatan di Solok Selatan dengan semangat Puskesmas Sehatkan Nagari, Rumah Sakit Melayani Nagari.

Bagikan artikel ini:

2 Komentar

""Dinkes hebat , solok selatan sehat.. Terimakasih untuk bapak ibu yang telah memperjuangan untuk fasilitas kesehatan di kab.solok selatan..""
11 Mar 2023 18:04 Rindu kebab solok selatan
"Dinkes hebat , solok selatan sehat.."
11 Mar 2023 18:03 Izul

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner