You need to enable javaScript to run this app.

Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Crash Program Polio oleh Bapak Bupati

  • Kamis, 09 Maret 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Penggalangan Komitmen Pelaksanaan Crash Program Polio oleh Bapak Bupati

Crash Program didasari oleh Kejadian Luar Biasa (KLB) Vaccine–Derived Polio Virus tipe 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh dan sudah dilaksanakan upaya penanggulangan melalui pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional sebanyak 2 putaran di seluruh Provinsi Aceh. Selanjutnya berdasarkan Risk Assessment bahwa Provinsi Sumatera Barat dikategorikan sebagai Provinsi yang berisiko tinggi terhadap penularan virus Polio karena berdekatan dengan Provinsi Aceh dan tingkat mobilisas mayarakat ukup tinggi. Kegiatan ini juga di Rekomendasi WHO, Komite Panasehat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dan Komite Ahli Eradikasi Polio, diamana dibutuhkan upaya berupa kegiatan Crash Program yang dilaksanakan untuk menutup kesenjangan imunitas serta merupakan upaya penting dalam mempertahankan status Indonesia Bebas Polio.

Pelaksanaan Crash Program dimulai pada tanggal 06 Maret 2023, di Solok Selatan setiap Posyandu akan melayanai pemberian 1 dosis imunisasi Polio bivalent oral Polio Vakccine (boPV) atau Polio tetes bagi anak umur 0-59 bulan dan  1 dosis imunisasi Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV) atau Polio suntik bagi anak usia 4-59 bulan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya Crash Program dilaksanakan 1 putaran dengan waktu pelaksanaan 1 minggu ditambah sweeping 5 hari target cakupan 95%.

Dengan demikian bagi keluarga yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk datang ke Posyandu terdekat agar anaknya dapat imunisasi Polio, sebagaimana kita ketahui bahwa imunisasi itu adalah hak anak, sehingga anak kita jadi sehat bebas dari kecacatan.

Penyakit Polio tidak dapat di Obati tetapi dapat di cegah dengan Imunisasi Polio !!!

Penyakit Polio membuat harapan anak hilang selama-lamanya karena cacat permanen selama hudupnya !!!

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner