You need to enable javaScript to run this app.

Penyuluhan P2B2 Dinas Kesehatan di Kecamatan Sungai Pagu

  • Jum'at, 07 Juni 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Penyuluhan P2B2 Dinas Kesehatan di Kecamatan Sungai Pagu

Salam sehat,
Hari jumat tanggal 31 Mei 2024
Program P2B2 (Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang) Bidang P2P Dinas Kesehatan Solok Selatan melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang Rabies, DBD, Chikungunya, Malaria di Kantor Wali Nagari Pasir Talang Barat dengan sasaran masyarakat dan kader yang berada di kenagarian Pasir Talang Barat oleh Penanggung Jawab (PJ) Program P2B2 (Ns. Titten Yasril, M.Kep)
Pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Camat Sungai Pagu, Babinsa, Walinagari, Bapak Jorong dan Masyarakat.

Dengan meningkatnya curah hujan menyebabkan semakin meningkat juga populasi nyamuk. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yaitu penyakit DBD, malaria, chikungunya, filariasis dan JE. Dari beberapa penyakit tersebut yang menjadikan nyamuk sebagai faktor untuk penularan yang sudah ada di Kabupaten Solok Sealatan adalah DBD, chikungunya dan malaria.

Penatalaksanaan yang sangat perlu diperhatikan untuk menurunkan kasus DBD dan chikungunya yang meningkat di Kabupaten Solok Selatan adalah dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan melakukan 3M Plus yang akan memberantas perkembangan larva nyamuk.
Fogging (pengasapan) bukanlah cara yang efektif untuk membunuh nyamuk, karena pelaksanaan fogging hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik yang sudah berubah menjadi pupa dalam waktu 2 hari akan berobah menjadi nyamuk dewasa dan akan berobah menjadi vektor yang akan menularkan penyakit kembali sehingga tidak bisa memutus rantai penularan penyakit.

 

Harapannya: dengan adanya kegiatan penyuluhan dan sosialisasi terkait dengan kasus yang sedang meningkat di Kabupaten Solok Selatan ini, bisa membantu masyarakat mengetahui tata laksana untuk memutus rantai penularan yang disebabkan oleh binatang (nyamuk, anjing, kucing dan kera)

Suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Bapak Camat Sungai Pagu (Ibrahim, SH, MM) dan Bapak Walinagari (Adriandi, A.Md)

Penghargaan yang setinggi -tingginya kepada Bapak Camat Sungai Pagu, Walinagari Pasir Talang Barat berserat perangkat nagari yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.

Informasi ini disiarkan oleh Program P2B2 Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan (31/05)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner