You need to enable javaScript to run this app.

Event Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024, Pernefri dan IPDI Sumatera Barat Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Solok Selatan

  • Selasa, 07 Mei 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Event Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024, Pernefri dan IPDI Sumatera Barat Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan menjadi tempat peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024 yang diselenggarakan oleh Pernefri dan IPDI Sumbar, 4-5 Mei 2024. Ketua Pernefri Korwil Sumbar Kepri Riau Dr. dr. Harnavi Harun, SpPD KGH FINASIM dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati Bapak H. Khairunas dan Bapak H. Yulian Efi atas support yang luar biasa sehingga acara peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024 bisa berjalan dengan baik. dr. Harnavi juga menambahkan bahwa peringatan Hari Ginjal Sedunia baru kali ini bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Solok Selatan adalah Kabupaten pertama di Sumatera Barat dan mungkin pertama di Indonesia.

Saat memberikan sambutan pada CFD dr Harnavi juga memperkenalkan 3 orang konsultan ahli ginjal Sumatera Barat yaitu dr. Drajat Priyono, SpPDKGH, dr. Deka Viotra, SpPDKGH dan beliau sendiri Dr. dr. Harnavi Harun, SpPDKGH FINASIM. Dan juga memperkenalkan 5 orang dokter spesialis penyakit dalam calon ahli ginjal di Sumatera Barat, dr. Evelin Veronike, SpPD., dr. Jen Hendriman, SpPD., dr. Festi Eliza, SpPD., dr. Garri Prima Decroli, SpPD., dan dr. Ligat Sembiring, SpPD. Salah satu dari 5 calon ahli ginjal ini untuk Solok Selatan, yaitu dr. Evelin Veronike, SpPD.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, dr. Pendewal dalam sambutannya saat membuka acara Seminar Kesehatan di Aula Sarantau Sasurambi dengan Tema Penyakit Ginjal Kronis (disampaikan oleh dr. Drajat Priyono, SpPDKGH) dan Tatalaksana Hipertensi (oleh dr. Deka Viotra, SpPDKGH), menyampaikan terima kasih kepada Pernefri dan IPDI Sumbar yang telah mempercayakan event peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024 Sumbar diselenggarakan di Kabupaten Solok Selatan. Pendewal menambahkan, "urusan kesehatan ini sangat komplit. Tidak bisa terurai hanya dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit atau Puskesmas semata, perlu dukungan lintas sektor. Demikian juga dengan masalah kesehatan ginjal, tidak akan selesai dengan Pernefri dan IPDI semata, perlu adanya dukungan lintas sektor termasuk Pemerintah Daerah. Event ini adalah terobosan baru di dunia kesehatan". Sambungnya.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat memberikan sambutan pada acara Keakraban Pemda Solok Selatan dengan Pernefri dan IPDI Sumbar di aula Surantau Sasurambi Kantor Bupati menyambut baik even Hari Ginjal Sedunia 2024 yang diselenggarakan di Solok Selatan. "Bahkan saya mengintruksikan langsung kepada Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Kesehatan untuk memastikan semua rangkaian acara berjalan dengan baik" Sambung Khairunas.

Saat CFD Ahad pagi, perwakilan Pernefri dan IPDI Sumbar memberikan testimoni tentang sambutan Pemerintah Daerah. Salah satunya yang memberikan testimoni adalah Ketua Pernefri Korwil Sumbar Kepri Riau langsung, "Saya sangat terharu, sulit untuk memilih kata untuk menyampaikan dan mengungkapkan rasa bangga dan syukur saya hari ini. Support Pemda, Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati atas terselenggaranya kegiatan ini. Dan ini akan kami sebarkan, akan kami share di Sumatera Barat bahkan ketingkat Nasional" dengan semangat yang menggebu.

Informasi ini disiarkan oleh Bidang Yankes Dinas Kesehatan Solok Selatan (6/5)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner