You need to enable javaScript to run this app.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Hadir di Rakerkesnas Tahun 2024

  • Jum'at, 26 April 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Hadir di Rakerkesnas Tahun 2024

Rakerkesnas Tahun 2024 yang diselenggarakan di Nusantara Hall - ICE BSD Jl. BSD Grand Boulevard No.1, Tangerang dari tanggal 23-26 April 2024, sangat luar biasa.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan dr. Pendewal, mengikuti Rakerkesnas ini dan mencatat beberapa poin penting:

Pertama, Masyarakat harus sehat dan pintar. Trasformasi kesehatan merupakan keniscayaan yang harus dilakukan dari pusat hingga daerah secara serentak dengan melibatkan semua sektor. Fokus kita sekarang adalah bagaimana masyarakat tetap sehat bukan mengobati yang sakit. Sehingga, berbagai kebijakan di Kementerian Kesehatan sekarang ini lebih ke preventif dan promosi kesehatan dengan melengkapi alat-alat kesehatan di pustu dan puskesmas. Tahun 2024 sampai 2027 Kementerian Kesehatan akan melengkapi alat-alat kesehatan di daerah dengan program SOPHI dan Inpuls untuk pustu dan puskesmas, SIHREN untuk melengkapi alat kesehatan di rumah sakit yang memiliki layanan prioritas KJSU (kanker, jantung, strok dan uronefrologi).

Kedua, Pemerintah Daerah memiliki peran dalam menyiapkan proposal kebutuhan daerah untuk menjaga masyarakat tetap sehat dan memastikan semua sarana yang akan dan telah dibangun memiliki sertifikat dan memenuhi tenaga kesehatan. Dua hal ini, menjadi syarat mutlak bagi Kementerian Kesehatan untuk merealisasikan program SOPHI-Inpuls dan SIHREN.

Ketiga, Peserta Rakerkesnas dipertontonkan dengan best practice diantaranya:

dr. Karyadi Kepala Puskesmas Platungan Kabupaten Kendal dengan Implementasi ILPnya di Puskesmas dan Pustu serta dukungan dari lintas sektor terutama kepala desa.

dr. Nenden Evi Wulandari Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dengan PERMATA KAMILAnya (Pemberian Makanan Tambahan Lokal bagi Ibu Hamil KEK dan Balita) yang mampu menurunkan angka stuntingnya dari 33.7% ditahun 2021 menjadi 13.6 ditahun 2022 (SSGI).

Harapannya dengan semangat Rakerkesnas ini, kita bisa menyelaraskan program-program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dengan RIBK (Rencana Induk Bidang Kesehatan) disamping kita terus melakukan evaluasi program dan loncatan-loncatan perbaikan untuk Solok Selatan dan Indonesia Emas 2045.

Berita ini disiarkan oleh Sekretariat Dinas Kesehatan Solok Selatan (26/4)

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner