You need to enable javaScript to run this app.

Perencanaan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Rabies akibat GHPR di Solok Selatan

  • Kamis, 02 November 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Perencanaan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Rabies akibat GHPR di Solok Selatan

Kamis 26 oktober 2023

Kementerian kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Peternakan Sumatera Barat mengunjungi Kabupaten Solok Selatan dalam acara adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies. Yang disambut oleh Bapak Bupati Solok Selatan H. Khairunas di kantor bupati Padang Aro didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pertanian Kab Solok Selatan. 

Lebih kurang 1 jam membicarakan perencanaan pengendalian dan pencegahan penyakit rabies yang disebabkan oleh Gigitan Hewan Penyebab Rabies (GHPR). Bapak Bupati Khairunas menyampaikan akan bersama sama lintas sektor dengan melibatkan kecamatan dan nagari untuk melakukan pencegahan penyakit rabies dengan menghimbau semua lapisan masyarakat agar melaporkan setiap terjadinya gigitan oleh hewan penyebab rabies ke tenaga kesehatan.

Setelah selesai pertemuan dengan bapak Bupati H. Khairunas selanjutnya rombongan Kementerian, Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat yg didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pertanian Kab Solok Selatan mengadakan pertemuan dengan 8 Puskesmas yang ada di Solok Selatan beserta RSUD Solok Selatan dan RSuD Batang Sangir membahas kegiatan promosi kesehatan serta penatalaksanaan gigitan oleh GHPR untuk mencegah kembali terjadinya rabies yang menyebabkan kematian kepada salah seorang warga Solok Selatan pada tanggal 20 Oktober 2023 di RSUD Arosuka. Hal ini terjadi karena pasien tidak melapor ke tenaga kesehatan terkait adanya kasus gigitan sehingga tidak dilakukan penatalaksanaan GHPR dengan baik.

Angka gigitan oleh hewan penyebab rabies (GHPR) selama tahun 2023 (Januari-September) sangat tinggi sebanyak 227 gigitan. Dengan adanya penatalaksanaan gigitan yang baik, bisa menghindari terjadinya kejadian rabies.

Penatalaksanaan gigitan oleh hewan penyebab rabies adalah sebagai berikut:

1. Cuci luka gigitan menggunakan sabun selama 15 menit.

2. Bawa ke Puskesmas terdekat untuk pemberian Vaksin Anti Rabies (VAR).

*berita ini disampaikan oleh Bidang P2P Dinas Kesehatan Solok Selatan

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner