You need to enable javaScript to run this app.

Launching Pelaksanaan Introduksi Imunisasi HPV dan RV di UPT Puskesmas Sangir Batang Hari

  • Kamis, 24 Agustus 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Launching Pelaksanaan Introduksi Imunisasi HPV dan RV di UPT Puskesmas Sangir Batang Hari

Puskesmas Sangir Batang Hari mengadakan launching pelaksanaan introduksi imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) dan Rota Virus (RV),pada tanggal 16 Agustus 2023 dihalaman Puskesmas Sangir Batang Hari. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Plt. Kabid P2P Bapak Wetra Fauza,SKM.M.Kes, Forkopincam, Ketua PKK Kecamatan, Ketua PKK Nagari dan Kader Kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Sangir Batang hari.

dr. Rolla Irda Selaku kepala UPT Puskesmasa Sangir Batang Hari, dalam sambutannya mengatakan bahwa imunisasi rota virus merupakan imunisasi yg diberikan kepada bayi umur 2 bulan dan 3 bulan, yang mana pemberian imunisasi RV ini diberikan sebanyak 3x pemberian dg interval 4 minggu, secara tetes dg dosis 0.5 atau 5 tetes, untuk melindungi bayi dari diare berat.sedangkan Imunisasi Human papilloma virus (HPV) diberikan pada anak SD perempuan kelas 5 dan 6 yang pelaksanaan pada bulan imunisasi anak sekolah (BIAS), imunisasi ini berguna untuk melindungi Anak perempuan dari kangker servik.

 

Plt.Kabid P2P Bapak Wetra fauza,SKM.M.Kes, Menjelaskan bahwa vaksin HPV adalah jenis vaksin yang dapat membantu melindungi individu dari infeksi HPV yang merupakan penyebab utama kangker Servik, dijelaskannya sasaran vaksin tersebut adalah seluruh siswa kelas 5 yang perempuan diwilayah kerja puskesmas sangir batang hari.

Selain vaksin HPV, hari ini juga dilakukan pemberian vaksin Rota Virus (RV) untuk mencegah Diare Berat pada anak, pemberian kedua vaksin tersebut (RV dan HPV) akan selesai pada bulan Agustus ini.

Sementara itu camat SBH Bapak Yuhermen,SE menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya sinergi antara Pemerintah Pusat sampai Daerah untuk mencegah penyebaran penyakit tesebut. Imunisasi ini sangat penting mengingat virus ini dapat menular kapan saja melalui kontak fisik. Program imunisasi dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia untuk mencegah secara dini penularan penyakit tersebut, kita semua tentunya berharap kegiatan ini dapat berjalan dg lancar guna melindungi generasi muda.

Launching Rota Virus( RV) dan Human Papiloma Virus (HPV) dimulai dengan pemotongan kue oleh kepala dianas kesehatan yang diwakili oleh Plt. P2P Bapak Wetra Fauza,SKM.M.Kes, dilanjutkan oleh camat sangir batang hari Bapak Yuhermen, SE dan kepala UPT Puskesmas Sangir Batang Hari Ibu dr. Rolla Irda.

Pada launching ini diwakili oleh 5 bayi yang mana Pemberian imunisasi RV untuk bayi pertama diberikan oleh Bapak Wetra Fauza,SKM.M.Kes selaku Plt. Kabid P2P Dinas Kesehatan Solok Selatan, dilanjutkan bayi ke 2 oleh camat Sangir Batang Hari Bapak Yuhermen SE, Upt  Pendidikan pemuda dan olah raga Sangir Batang Hari Bapak Suhardi, S.Pd dan Ketua TP-PKK Kecamatan Ny. Arnis Suhermen.

Untuk Launching HPV juga diwakili oleh 5 siswa kelas 5 yang perempuan, penyuntikan pertama diberikan oleh kepala UPT Puskesmas Sangir Batang Hari Ibu dr. Rolla Irda, penyuntikan yang kedua diberikan oleh PJ Imunisasi UPT Puskesmas Sangir Batang Hari Bdn. Septia Defra, S.T.r.Keb, penyuntikan ketiga diberikan oleh ketua IDI solok Selatan dr.Medri Idaman, penyuntikan ke empat oleh PPNI Ns.Deswan Kharja Saputra, S.Kep dan yang terakhir dari IBI Rizki sasvita, Amd. keb.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner