You need to enable javaScript to run this app.

Dinas Kesehatan mengadakan Screening Kesehatan Jiwa di Camping Ground Sangir Balai Janggo

  • Senin, 31 Juli 2023
  • Administrator
  • 1 komentar
Dinas Kesehatan mengadakan Screening Kesehatan Jiwa di Camping Ground Sangir Balai Janggo

Sabtu, 29 Juli 2023 Dinas Kesehatan mengadakan Screening Kesehatan Jiwa di Camping Ground Sangir Balai Janggo.
Indonesia mengalami transisi epidemiologi, beralihnya penyebab kematian yang semula didominasi oleh penyakit menular bergeser ke penyakit tidak menular yang kita kenal dengan PTM, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, gagal ginjal, kanker dan penyakit paru kronik

Dewasa ini, semakin sering kita jumpai di masyarakat, bahkan PTM banyak mengenai usia muda dan produktif. 80% PTM akibat gaya hidup yang tidak sehat, sisanya disebabkan oleh faktor lingkungan dan keturunan.

Sekaitan dengan itu, Dinas Kesehatan menangkap peluang untuk edukasi dan sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) serta screening kesehatan jiwa pada acara camping ground pemda di lapangan Bola Kaki Mercu, Kec SBJ, Sabtu-Minggu 29-30 Juli 2023. Ini merupakan wujud kerja tim lintas sektor dinas kesehatan dengan kecamatan dan dinas pendidikan karna melibatkan beberapa guru sekolah di Kec SBJ.

Sekitar 365 orang yang mengikuti edukasi dan sosialisasi KTR di tujuh tatanan dilanjutkan dengan screening kesehatan jiwanya.

Screening kesehatan jiwa menjadi penting karena angka ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) di Solok Selatan 353 orang, 26 orang diantaranya ada di Kec SBJ. Kita tidak mau angka ini meningkat di Kabupaten Solok Selatan. Disamping itu, 3 dari 4 org anak mulai merokok pada usia kurang dari 20 thn. Saat ini perokok anak mencapai 10% artinya 1 dari 10 anak sdh merokok. Tentu ini menjadi masalah kita bersama, orang tua, guru, serta tokoh masyarakat.

Berita ini, disiarkan oleh Bidang P2P Dinas Kesehatan Solok Selatan.

Bagikan artikel ini:

1 Komentar

"Mantap..banget..dinkes..smoga dengan adanya kegiatan KTR dan screening lebih cepat terdeteksi..penyakit.sebelum sakit"
31 Jul 2023 17:23 Netti Herawati

Beri Komentar

dr. Pendewal, M.H

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan. Website ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan informasi dan...

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Website ini ?

Hasil
Banner